Cara Menyetel Katup/Klep

- Rabu, Februari 22, 2017

Cara Menyetel Katup/Klep

 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiShqjKeX0b5VP36emhKj4e06X8EDfaZqR0V6FrpwBUPcxP4nPcL2hW67dbQerBdYcgy8vwJCB2YcRpL-qpVfss1CZ-g0-G_ZwLltlCtPAGYQz1V8YLmiKe5-Q1Rg5_zb4Wa_1UhGx3d_c/s1600/3806stel-klep---endro-1.jpg
Penyetelan celah katup memanglah butuh di lakukan terhadap sepeda motor, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan celah (clearance) antara ujung batang katup yang dengannya ujung baut penyetel katup agar tetap sesuai standar. Tujuan utama dari penyetelan Klep motor merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperoleh unjuk kerja mesin yng optimal. Persiapan Alat yng dipakai: 1. Obeng (+) besar serta (+) sedang 2. Obeng (-) Besar 3. Kunci ´T´ (sok 17mm) 4. Kunci ring 89 mm 5. Kunci tapet klep (´L´ klep) 6. Fuller (bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukur celah klep) Langkah kerja : 1. Lepaskan sekrup cover tengah serta tebeng sayap yang dengannya mempergunakan obeng (+) sesuai ukuran sekrup. 2. Buka tutup tanda Top di blok magnet (beralur obeng (-) minus besar), yng besar serta kecil. 3. Buka tutup klep ( klep IN (atas) serta klep EX (bawah)) yng ada di kepala silinder yng berkepala kunci ring 17 mm bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebanykan motor, akan tetapi hal ini mampu lihat dari konstruksi kepala silinder motor. 4. Cari tanda *T* ataupun TOP yang dengannya cara memutarkan poros engkol mempergunakan kunci sok T 17mm searah jarum jam hingga didapat tanda ´T´ di magnet lurus yang dengannya tanda penyesuaian di blok magnet. 5. Pastikan kedua klep dalam posisi bebas goyang). 6. Lakukan pengukuran celah klep yang dengannya memasukan filler diantara celah katup serta baut penyetel 7. Apabila filler masuk ke celah yang telah di sebutkan, serta puller didorong kearah depan tak mampu, namun era ditarik mampu tanpa meninggalkan bekas tabrakan di filler berguna celah klep tidak jelek alias bagus (standar)
8. Apabila point 7 tak terlaksana, lakukukan langkah berikut :
  1. Longgarkan tidak banyak mur penyetel klep yang dengannya kunci ring 9 mm sambil menahan baut penyetel klep yang dengannya kunci ’ L ’ stelan klep.
  2. Masukan puller ke celah klep serta stel yang dengannya memutar stelan klep bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh celah klep yng sesuai yang dengannya ketentuan andaikan puller didorong tak mampu namun andaikan ditarik puller mampu bergeser tanpa meninggalkan bekas di puller.
  3. Setelah didapat celah standar, tahan baut penyetel klep lalu kencangkan mur pengikat klep yang dengannya kunci ring 9 mm.
  4. Cek kembali celah klepnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan bahwasanya klep sudah distel yang dengannya baik.
  5. Setelah didapat penyetelan yng tepat tutup kembali klep serta pastikan pengencangan bautnya benar.
  6. Pasang kembali cover body kebalikan urutan dari pembongkaran.
Semoga berita ini membantu kamu mengetahui cara penyetelan klep yng sesuai yang dengannya standar kerja pabrikan motor.



Source Article and Picture : http://oprekmotorsendiri.blogspot.com/2014/06/cara-menyetel-katupklep.html

Seputar Cara Menyetel Katup/Klep

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menyetel Katup/Klep