Tips Lengkap dan Cara Perawatan Motor RX King Lawas

- Kamis, Maret 16, 2017

Tips Lengkap dan Cara Perawatan Motor RX King Lawas

 
Motor RX King LawasPanduan Perawatan Motor Yamaha RX King ---Siapa yng tak kenal RX King? Motor besutan Yamaha ini adalah "raja jalanan" dan seakan melegenda sejak kehadirannya di era 80-an. Bahkan banyak sekali penggemar RX King tetap mempertahankan motor kesayangannya yang telah di sebutkan sampai-sampai kini. Hal ini terbukti yang dengannya menjamurnya komunitas dan club pecinta RX King di aneka macam daerah di Indonesia.
Namun mempunyai dan tetap "memelihara" RX King lawas ini tentunya dibutuhkan perhatian ekstra. Agar kesan garang dan laki-laki yng terpancar dari motor ini tetap terjaga perfomanya. Oleh lantaran itu, berikut merupakan Tips Lengkap dan Cara Perawatan Motor RX King Lawas yng mampu anda jadikan tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi perfoma RX King Lawas Anda.
PERAWATAN MESIN RX KING LAWAS
RX King adalah motor bermesin dua tidak yng mempergunakan dua jenis pelumas, yaitu oli mesin dan oli samping. Walau pada mesin 2 tidak, oli mesin dipercaya tidak memerlukan perhatian ekstra, ada baiknya turut di lakukan pengecekan secara rutin. Caranya serupa yang dengannya motor lain, bisa dilihat melalui deepstick yng terdapat pada penutup lubang oli.
Jika kondisi oli mesin berada di bawah garis max, maka sebaiknya segera Anda tambahkan. Oli yng direkomendasikan oleh pabrikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk 'sang raja' mempunyai kekentalan (viskositas) SAE 20W-40. Begitu juga yang dengannya oli samping, mengingat sifatnya yng dikonsumsi habis oleh motor, usahakanlah zat pelumas ini tetap dalam kondisi cukup. Jika kondisi oli samping telah berkurang ataupun mencapai level setengah, maka segeralah tambahkan sampai-sampai penuh.
PERAWATAN SETELAN BAHAN BAKAR RX KING LAWAS
Sebagai komponen pengabut bahan bakar, karburator wajib disetel sesuai. Setelan yng baik bisa dilihat dari warna ujung busi yng berada di ruang bakar. Setelan karburator yng sesuai merupakan berwarna merah bata. Apabila warna busi berwarna kehitaman, berguna setelan karburator cukup basah dan andai busi berwarna agak keputihan berguna setelan karburator cukup kering.
Mudah saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur setelan karburator. Anda tinggal memutar sekrup udara 1 1/4 hingga 1 1/2 searah jarum jam sesudah diputar habis. Untuk setelan langsam disetel pada angka 1.400 rpm yang dengannya memutar sekrup setelan gas.
PERAWATAN SARINGAN UDARA RX KING LAWAS
Umumnya, saringan udara pada sepeda motor era ini mempergunakan bahan dari kertas karton dan bukan dari bahan busa. Sayangnya, saringan kertas ini mempunyai kelemahan lantaran Perlu segera diganti yang dengannya yng baru andaikan telah kotor.
Untungnya, RX King masih mempergunakan filter udara berbahan busa, menjadikan gampang dibersihkan. Untuk mengetahui kondisi filter udara RX King, Anda cukup melihat apakah warna kuning khas busa telah berganti menjadi hitam. Bila telah menghitam, Anda bisa mencuci saringan yang telah di sebutkan yang dengannya air sabun sampai-sampai warna hitamnya memudar. Setelah dicuci, Anda bisa mengeringkan yang dengannya cara memijit busa agar bentuknya tak rusak dan sisa air di dalam busa perlahan kering.
Untuk mengeringkannya pun cukup gampang. Anda cuma butuh menjemurnya di tempat yng teduh sampai-sampai benar-benar kering. Apabila kondisi sedang hujan, Anda bisa mempercepat proses pengeringan yang dengannya bantuan hair dryer.
PERAWATAN REM RX KING LAWAS
Sejak pertama kali diperkenalkan, Yamaha RX King sudah mengusung rem kombinasi. Tromol di bagian belakang dan cakram pada bagian depan. Agar mekanisme pengereman tetap aman, kedua komponen yang telah di sebutkan wajib diperiksa selalu. Apabila volume minyak rem pada rem depan berada pada level dibawah garis 'max', maka segera tambahkan minyak rem sampai-sampai mencapai batas garis. Jenis minyak rem yng dipakai oleh RX King merupakan DOT3.
Kondisi kanvas rem depan yng telah mulai habis bisa dirasakan era menarik tuas rem. Apabila kanvas rem telah mulai tipis, maka jarak tuas rem yng ditarik akan makin dekat yang dengannya grip gas. Jika kanvas rem depan (cakram) telah tipis, maka segeralah pergi ke bengkel bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengganti yang dengannya kanvas rem yng baru.
Tak cuma pada kondisi kanvas dan volume minyak rem, Anda pun wajib memperhatikan semisal terdengar bunyi berdecit era mengerem. maka mungkin besar berasal dari piringan cakram yng telah tak rata. Apabila piringan cakram masih cukup tebal, Anda bisa membawanya ke tukang bubut bagi atau bisa juga dikatakan untuk diratakan. Namun, andaikan sebenarnya permukaan cakram telah tipis dan bergelombang, sebaiknya diganti yang dengannya piringan cakram yng baru.
Sementara itu pada rem belakang yng berjenis tromol, telah dilengkapi yang dengannya panel indikator keausan. Apabila panel yang telah di sebutkan telah menunjukan level seperempat, maka usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk segera diganti. Terutama andai Anda kerap mempergunakan sepeda motor bagi atau bisa juga dikatakan untuk jarak jauh.
PERAWATAN AKI RX KING LAWAS
Sebagai sumber kelistrikan sekunder, aki memegang peranan penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk fungsi beberapa komponen sepeda motor, semisal lampu sen dan klakson. Untuk melindungi agar kondisi aki tetap prima, Anda cukup melihat ketinggian air yng ada di dalam aki. Apabila kondisi permukaan air aki berada pada level 'upper level', maka sebaiknya kamu segera menambahkan yang dengannya air suling murni yng umumnya dijual di dalam botol berwarna biru. Untuk mencegah karat pada kutub-kutubnya, Anda bisa mengoleskan tidak banyak gemuk.
PERAWATAN RANTAI PENGGERAK RX KING LAWAS
Karena dianggap kotor, pengecekan pada komponen ini kerap ditunda oleh para pemilik sepeda motor. Padahal, rantai memegang peranan penting menjdai penggerak roda belakang. Kondisi rantai sepeda motor yng terbuka dan bersebelahan langsung yang dengannya roda belakang membuatnya rentan. Untuk menjaga rantai dari karat, disaat selesai mencuci segera olesi seluruh permukaan rantai yang dengannya pelumas khusus rantai yng kini tidak sedikit dijual di pasaran. Untuk membersihkan rantai dari sisa-sisa lumpur dan pelumas yng menempel pun cukup gampang. Anda cuma butuh menyikat rantai mempergunakan bensin sampai-sampai sisa-sisa kotoran terlepas.
Tentunya, lantaran Suka dipakai, rantai sepeda motor bisa kendur seiring waktu. Rantai yng kendur tidak cuma membuat berkendara tidak lagi nyaman, akan tetapi pun membahayakan. Bukan tidak mungkin, andai tidak dipelihara yang dengannya baik, rantai yang telah di sebutkan bisa putus suatu era. Apabila rantai terlalu kendur, maka sebaiknya segera di lakukan penyetelan, dan tidak terlalu tegang. Jarak renggang rantai normalnya berkisar antara 2 hingga 3 cm.
Akhirnya, mudah-mudahan Tips Lengkap berupa tatacara dan Cara Perawatan Motor RX King Lawas diatas mampu bermanfaat bagi pecinta RX King seluruh. Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:



Source Article and Picture : http://otozones.blogspot.com/2015/01/tips-lengkap-dan-cara-perawatan-motor-rx-king-lawas.html

Seputar Tips Lengkap dan Cara Perawatan Motor RX King Lawas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Lengkap dan Cara Perawatan Motor RX King Lawas