Tips Memilih Oli Mesin Yang Tepat Untuk Motor Matic

- Minggu, Maret 12, 2017

Tips Memilih Oli Mesin Yang Tepat Untuk Motor Matic

 
Tips Memilih Oli Mesin Yang Tepat Untuk Motor MaticMemilih Oli Motor Matic ---Setiap jenis motor mempunyai spesifikasi mesin tersendiri yng berbeda antara satu yang dengannya lain-lainnya. menjadikan disaat melakukan perawatan, tak mampu menyamakan cara perawatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk motor satu yang dengannya motor yng lain. Perawatan motor bebek berbeda yang dengannya motor matic lantaran mesin yng ditanamkan pada masing-masing motor yang telah di sebutkan berbeda. Begitu pun dalam hal memilih oli yng tepat.
Untuk melakukan perawatan mesin motor tak lepas dari yng namanya pelumas ataupun oli. Perbedaan spesifikasi setiap mesin motor membuat penggunaan oli pun tak mampu disamaratakan. Agar mesin motor lebih awet, maka pemilihan oli Perlu di lakukan yang dengannya tepat. Jangan hingga oli yng dipakai bahkan mengganggu performa mesin. Lalu, bagaimana memilih oli mesin yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk sepeda motor matic?
TIPS MEMILIH OLI MOTOR MATIC
Dalam memilih oli motor matic, pastikan berlebi dahulu bahwasanya oli yng akan dipakai yang telah di sebutkan telah bersertifikasi, menjadikan aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai. Sertifikasi oli di Indonesia umumnya disesuaikan yang dengannya kendaraan yng beredar di Indonesia. Setidaknya ada 2 sertifikasi yng Perlu dilewati oleh jenis oli agar aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai pada motor matic, yakni sertifikasi API serta sertifikasi JASO.
Pastikan bahwasanya oli yng dipakai telah bersertifikat dari American Petroleum Institute (API). Oli yng sudah berstandar API berguna telah melalui tes kualitas oli. Sertifikasi kedua yaitu dari Japanese Automotive Standar Association (JASO), yaitu standar bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeriksa kualitas oli bagi atau bisa juga dikatakan untuk motor pabrikan Jepang yng umumnya dipakai oleh orang Indonesia.
Selain sertifikasi diatas, memilih oli mesin yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk motor matic pun Perlu didasari standar JASO, ataupun oli standar motor pabrikan Jepang. Karena kebanykan motor matic yng ada di Indonesia mengusung tipe kopling kering, maka dalam memilih oli motor matic Perlu melihat pun kode JASO MB. Kode yang telah di sebutkan mampu diartikan bahwasanya oli ini khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk motor pabrikan Jepang yng mempergunakan tipe kopling kering.
Baca lebih lanjut ihwal JASO pada tulisan atau artikel sebelumnya:
Arti Kode JASO MA2 Pada Oli Mesin Sepeda Motor
Perlu diperhatikan pun, bila oli tak mempunyai standar JASO, disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak memakainya, karena akan menghasilkan kopling motor yng dilumeri oli cepat aus. Beberapa orang kadang pun mempergunakan oli kendaraan beroda empat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melumasi mesin motor matic lantaran mesin motor matic hampir mirip yang dengannya mesin kendaraan beroda empat. Namun hal ini tak direkomendasikan. Karena pada oli kendaraan beroda empat terdapat zat adiktif yng tak cocok yang dengannya kondisi mesin motor matic.
Sebagai kesimpulan, memilih oli mesin yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk sepeda motor matic Anda, setidaknya ada 3 spesifikasi yng wajib tertera di botol oli, yakni ukuran SAE, Standar API SL, serta standar JASO MB. Sekali lagi, jangan mempergunakan oli merek apapun andai tak mencantumkan 3 spesifikasi diatas. Dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memahami kode SAE silahkan baca di: Cara Membaca Kode SAE pada tulisan atau artikel sebelumnya. Semoga Bermanfaat serta Salam Otozones!

Baca Tips serta Info Otomotif Lainnya:



Source Article and Picture : http://otozones.blogspot.com/2015/01/tips-memilih-oli-mesin-motor-matic.html

Seputar Tips Memilih Oli Mesin Yang Tepat Untuk Motor Matic

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Memilih Oli Mesin Yang Tepat Untuk Motor Matic