Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor

- Sabtu, Mei 27, 2017

Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor

 
Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda MotorPengertian Teknologi ISS Sepeda Motor ---Teknologi Otomotif Idling Stop System (ISS) merupakan sebuah system yng bekerja bagi atau bisa juga dikatakan untuk mematikan mesin secara otomatis pada era berhenti sejenak ataupun berhenti di lampu merah. Dengan Teknologi ISS ini bisa mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yng tak butuh serta menurunkan emisi gas Buang. Selain itu, kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar, serta tentunya ramah lingkungan.
Dari beberapa pengujian mempergunakan metode ECE R40 terhadap Teknologi ISS ini, diketahui bahwasanya jumlah emisi bahan bakar yng sukses dikurangi bisa mencapai 7% dibandingkan yang dengannya jenis sepeda motor yng tak mempergunakan ISS. Selain itu, konsumsi bahan bakar pun lebih irit sampai-sampai 37%. Oleh karenanya, jenis sepeda motor yng mempergunakan Teknologi ISS mampu dikatakan menjdai sepeda motor ramah lingkungan.
Namun tentu saja, seluruh kembali kepada pemakain sepeda motor sendiri. Terkadang kebiasaan pengendara yng lebih suka tak mengaktifkan Teknologi ISS ini tentunya tak akan berdampak apa-apa terhadap lingkungan. Belum lagi sebagian besar sepeda motor era ini belum mempergunakan teknologi ini.

Cara Kerja Teknologi ISS Sepeda Motor

Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor
Pastikan posisi tombol Idling Stop telah kamu tekan serta lampu indikator pada speedometer telah menyala. Dan sesudah motor dijalankan maka sensor akan memberitahu ECM (Engine Control Module) bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengaktifkan Idling Stop. Apabila motor berhenti minimal 3 detik maka ECM akan perintahkan mesin bagi atau bisa juga dikatakan untuk berhenti. Dan era mesin mati, lampu indikator akan berkedip yng bertanda bahwasanya Idling Stop sedang aktif serta sedang dipakai.
Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor
Saat handle gas (throttle) kita buka maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberikan signal ke ECM bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberitahu altenator bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghidupkan mesin tanpa butuh menekan tombol starter maka mesin akan otomatis menyala. Kejadian ini akan terus menerus berlangsung selama tombol Idling Stop diaktifkan. Tetapi andai tombol Idling Stop tak diaktifkan maka Idling Stop tak bekerja.

Komponen Teknologi ISS Sepeda Motor

Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor
  1. Idling Stop Switch, berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengaktifkan serta menonaktifkan fungsi ISS
  2. Stand by indicator, berfungsi memberikan berita kerja ISS
  3. Engine Coolant Temperature Sensor (ECT Sensor), berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeteksi suhu mesin
  4. Vehicle Speed Sensor (VS Sensor), berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeteksi kecepatan kendaraan
  5. Throttle Position Sensor (TP Sensor), berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeteksi sudut pembukaan katup gas
  6. Engine Control Module (ECM), berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mematikan serta menghidupkan mesin
  7. ACG Starter, berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memutarkan mesin

Cara Mengaktifkan Teknologi ISS Sepeda Motor

Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal merubah posisi button switch ke kondisi Idling Stop (klik ke bawah). Maka, lampu hijau yng terdapat pada speedometer akan menyala secara otomatis, itu tanda bahwasanya system ISS telah bisa di lakukan. Ketika motor Anda berhenti selama 3 detik serta system ISS berfungsi, maka lampu hijau yang telah di sebutkan akan berkedip, sebelum nantinya akan menyala sempurna kembali disaat Anda mulai menarik tuas gas.
Demikianlah tulisan atau artikel Info Otomotif wacana Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor di artikel ini. Baca jugo tulisan atau artikel sebelumnya wacana Rem ABS Sepeda Motor. Semoga memberikan manfaat serta Salam OtoZones!

Baca Tips serta Info Otomotif Lainnya:



Source Article and Picture : http://otozones.blogspot.com/2015/03/mengenal-teknologi-idling-stop-system-iss-pada-sepeda-motor.html

Seputar Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor