6 Jenis dan Macam Busi Kendaraan Yang Perlu Anda Ketahui

Yaitu busi yang dengannya ujung elektroda terbuat dari nikel dan diameter elektroda pusat (center electrode 2.5 mm. umur busi umur busi berkisar 5000 – 20,000 km.
Yaitu busi yang dengannya ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum. diameter center electrode 0.6 – 0.8 mm mm. umur busi umur busi berkisar 30,000 km.3. BUSI IRIDIUM
Yaitu busi yang dengannya ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari iridium alloy. diameter center electrode 0.6 – 0.8 mm mm. umur busi umur busi berkisar 50,000 – 70,000 km. Keuntungan busi Iridium merupakan umur pakai yng lama menjadikan cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk kendaraan yang dengannya mesin yng tak boleh Suka dibongkar. Disamping itu yang dengannya api busi yng lebih besar diklaim akan mampu menghasilkan tenaga yng lebih besar yang dengannya air-fuel ratio yng percis.4. BUSI RACING
Adalah busi yng dirancang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bekerja pada suhu, temperature dan kompresi tinggi dan mesin yang dengannya pemakaian akselerasi dan deselerasi tiba-tiba. Busi racing tak percis yang dengannya busi Iridium.5. BUSI RESISTOR
Busi resistor biasa ditemui yang dengannya kode huruf [R] pada bagian insulatornya. Busi ini menghilangkan gangguan pada radio, telepon genggam dan ECU (Electronic Control Unit) pada kendaraan. Jadi andai busi kendaraan memakai tipe R, jangan sekali-kali menggantinya yang dengannya busi biasa lantaran bisa mengganggu kerja perlengkapan elektronik lain-lainnya.6. BUSI ALUR V
Busi alur V dibuat yang dengannya tujuan memusatkan api busi menjadikan menghasilkan power yng besar, kedua elektroda terbuat dari nikel. Meskipun demikian busi jenis ini bukan tergolong jenis iridium maupun platinum, ataupun dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk racing, akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk kendaraan yng butuh tenaga besar. Busi yng salah satunya jenis busi resistor ini bisa dikenali dari kode huruf Y pada seri busi, misalnya BKR5E-Y.Itulah info Otomotif ihwal 6 jenis dan jenis Busi Kendaraan Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga memberikan manfaat dan Salam Otozones!
Sedangkan pendapat dari tingkat kemampuan melepas panasnya, busi terbagi menjadi 2, yakni:
- Busi Panas, merupakan busi yng kecepatan transfer panasnya lebih lambat. Artinya panas tersimpan pada busi dan lambat disalurkan keluar busi. Busi panas biasa dipakai pada kendaraan harian. Busi standar, iridium, platinum, resistor dan alur V tergolong busi panas. Indeks panas (heat rating) busi panas NGK berkisar dari 2 hingga 8.
- Busi Dingin merupakan busi yng kecepatan transfer panasnya cepat. Artinya panas Perlu cepat disalurkan keluar busi. Busi dingin identik yang dengannya busi racing yng Perlu melepas panas mesin yang dengannya cepat. Indeks panas busi dingin NGK berkisar dari 9 – 12. Pada biasanya salah kaprah terlaksana di pemakai kendaraan yng beranggapan memakai busi racing (busi dingin) akan membuat kendaraan menjadi lebih cepat. Padahal, mesin kendaraan bukanlah mesin balap. Pemakaian busi racing di mesin standar cuma akan membuat mesin sulit distarter pada awal pemakaian lantaran panas cepat tersalurkan keluar.
|
Cari Artikel Selain 6 Jenis dan Macam Busi Kendaraan Yang Perlu Anda Ketahui