Dua Cara Menyetel Klep Motor Sesuai Dengan Kondisinya

- Rabu, Maret 29, 2017

Dua Cara Menyetel Klep Motor Sesuai Dengan Kondisinya

 

Cara Menyetel Klep Motor
Sesuai yang dengannya judul artikelnya, Saya akan menjelaskan satu per satu bagi setiap pembaca Dua cara menyetel klep motor sesuai yang dengannya kondisinya, agar bisa setiap yng melakukan penyetelan klep motor mengerti serta memahami teknik cara menyetel klep yng benar serta tepat yang dengannya melihat situasi ataupun kondisi motor disaat menyetel klep motor yang telah di sebutkan.
Sebagai Bengkel sepeda motor, ada dua hal yng Perlu di perhatikan sebelum kita menyetel klep pada sepeda motor yang telah di sebutkan, lantaran kalau kita tak memahami hal ini maka otomatis kita masih belum menjiwai cara kerja pada sepeda motor yang telah di sebutkan. Saya bukan menyombongkan diri ataupun sok pintar, namun saya memanglah benar- benar ingin memberikan saran yng benar agar bisa tak galau dalam cara menyetel klep motor agar bisa tepat serta pas dalam penyetelan klep pada motor yang telah di sebutkan, serta saya beritahukan sampai-sampai era ini masih Suka saya lakukan yang dengannya melihat kondisi motor semisal apa yang dengannya melakukan satu dari sekian banyaknya dari dua cara menyetel klep motor sesuai yang dengannya kondisinya.
Mungkin Anda era ini penasaran serta bertanya apa ya kira-kira dua cara menyetel klep motor sesuai yang dengannya kondisinya serta penyetelan ini berlaku bagi atau bisa juga dikatakan untuk motor apa ya? Jangan kuatir saya akan jelaskan dibawah ini perihal dua cara menyetel klep motor bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkan rasa penasaran kamu.

Ada dua cara menyetel klep motor yng tepat serta pas yang dengannya melihat kondisinya


Dua cara yang telah di sebutkan merupakan bagaimana menyetel klep pada motor yng masih baru pemakaiannya serta bagaimana menyetel klep pada motor yng telah lama pemakaiannya, Baiklah saya akan jelaskan satu per satu, antara lain:
1. Cara Menyetel kep pada motor yng masih baru pemakaiannya.
Menyetel klep pada motor yng masih baru pemakaiannya tentu kita melakukannya yang dengannya menyetelnya pada posisi Top, maksudnya semisal ini kita langsung pada prakteknya saja dalam tahap awal mau menyetel klepnya:
  • Buka tutup klep motor yang telah di sebutkan atas serta bawah
  • buka tutup yng ada di bak magnit, itu umumnya ada di bagian tengah bak magnit serta pun dibagian atas bak magnit motor, bentuknya bulat, besar serta kecil serta bukanya pakai obeng biasa.
  • Setelah terbuka posisikan Piston pada posisi TMA (titik mati atas) serta Noken as pada posisi netral, tatacaranya putar magnit yang dengannya berlawanan arah jarum jam yang dengannya sambil mengamati ataupun melihat silinder atas dalam arti piano klep pada posisi menekan tiang klep, pada proses putaran piano klep menekan tiang payung klep usahakan piano klep menekan tiang klep bagian api berlebi dahulu ataupun klep yng mengarah ke knalpot, lantas putar lagi magnitnya hingga piano klep menekan tiang payung klep atas yakni klep minyak serta lantas lihat posisi Tanda TOP yng di magnit umumnya ada garis disebelah huruf "T" itu berguna Posisi Piston pada TMA serta Noken As Posisi netral, saya harap kamu telah mengerti seluruh ya!!
  • Kemudian coba di goyang klepnya kiri kanan serta atas bawah, kira kira kalau agak longgar coba di kencagin yang dengannya mengendorin baut stelan klep serta memutarkan baut stelan klep bagi atau bisa juga dikatakan untuk memposisikan jarak yng sesuai, usahakan ada selah prey tidak banyak lantaran kalau baut stelan klepnya terlampau menekan tiang klep maka mungkin motor yang telah di sebutkan susah hidup lantaran kompresinya bocor ataupun payung klep telah terbuka duluan.
  • Ukuran andai kita memakai alat ukur Fuller merupakan pada motor Bebek 0,03 s/d 0,05 mm serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk motor sport 0,07 s/d 0,10 mm serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk motor Satria FU ukurannya 0,10 s/d 0,15 mm serta di fuller yang telah di sebutkan ada keterangan perihal ukuran mm nya.
  • Itulah cara menyetel klep pada motor yng masih baru pemakaiannya serta saya rasa tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan pada motor yng semuanya baru ataupun motor yang telah di sebutkan baru berkisar umur setahun paling lama.
2. Cara Menyetel Klep pada motor yng telah beberapa tahun pemakaian ataupun telah lama
Pada cara menyetel klep motor yng kira-kira umur 3 tahun keatas, saya menyetel klepnya tak melakukannya yang dengannya memposisikan pada posisi TOP semisal yng di atas lantaran tak akan sempurna hasil nya, lantaran semuanya alat-alat mesin semisal noken as serta piano klep berkemungkinan telah haus di makan oleh waktu jadi Amat tak layak kalau kita stel klep dalam posisi TOP, Berikut Tips penyetelan klep pada motor yng lama, antara lain:
  • Setelah di buka tutup klep pada motor, selanjutnya kita masuk ke cara menyetel klepnya yakni Stel Curi ataupun stel maling.
  • Putar magnit berlawanan arah jarum jam serta posisikan piano klep menekan satu dari sekian banyaknya tiang payung klep pada motor yang telah di sebutkan serta andai disaat kita memutar magnit klep api dalam posisi terbuka maka stel klep minyaknya serta andai disaat kita memutar magnit piano klep dalam posisi menekan tiang klep bagian klep minyak yng arah ke karburator maka yng di stel klepnya merupakan klep api serta sesuaikan jarak kerenggangannya agar bisa gampang hidup yang dengannya arti jangan kekencangan,
  • Dan lihat hasil nya, pasti suaranya akan menjadi halus kembali serta bunyi tik-tik-tik-tik akan hilang.
Demikian penjelasan dalam tulisan atau artikel ini perihal Dua cara menyetel klep motor sesuai yang dengannya kondisinya, semoga berguna bagi setiap yng seprofesi yang dengannya saya pada bengkel sepeda motor.
Sekian serta Selamat berupaya


Source Article and Picture : http://www.bengkel-motor.com/2015/10/dua-cara-menyetel-klep-motor.html

Seputar Dua Cara Menyetel Klep Motor Sesuai Dengan Kondisinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Dua Cara Menyetel Klep Motor Sesuai Dengan Kondisinya