Prinsip Kerja Mesin Motor 4 Tak Dan 2 Tak

- Kamis, Mei 18, 2017

Prinsip Kerja Mesin Motor 4 Tak Dan 2 Tak

 

Ini merupakan penjelasan lengkap wacana prinsip kerja motor 4 tidak serta 2 tidak serta sekalian perbandingan wacana keunggulan/kelebihan serta kelemahan pada motor 4 tidak serta pun motor 2 tidak, serta saya yakin sesudah membaca keseluruhan tulisan atau artikel ini akan berguna serta mengerti wacana bagaimana prinsip kerja mesin motor 4 tidak serta 2 tidak.
 Prinsip Kerja Mesin Motor 4 Tak dan 2 Tak
Prinsip kerja Mesin Motor 4 Tak serta 2 Tak
Pada prinsip kerja mesin motor 4 tidak serta 2 tidak, tentu Perlu kita ketahui lebih dulu apa-apa saja yng membedakan jenis mesin motor 4 tidak serta jenis mesin motor 2 tidak, antara lain:
  • Jenis mesin 4 Tak, merupakan mempunyai beberapa rangkaian komponen alat di kepala silinder semisal katup(klep), noken as, piano klep, seal klep, per klep, serta kuku klep serta busi.
  • Jenis motor 2 tidak, merupakan sebaliknya tak mempunyai rangkaian komponen alat di kepala silinder yang dengannya catatan kepala silinder yang telah di sebutkan cuma Busi saja yng ada.
Baiklah, langsung saja kita pada pemaparan wacana prinsip kerja mesin motor 4 tidak serta 2 tidak agar bisa mempunyai pemahaman secara mendasar serta mengetahui perbedaan yng dimiliki serta sekalian keunggulan/kelebihan dan kelemahan pada jenis motor 4 tidak serta 2 tidak serta tentu tulisan atau artikel ini Amat bermanfaat bagi setiap yng sefrofesi semisal saya pada bengkel sepeda motor .

Penjelasan Prinsip Kerja Mesin Motor 4 Tak


Prinsip kerja mesin motor 4 tidak (4 langkah), menjdai berikut:
  • Langkah Isap (SUCTION STROKE), pengertiannya Katup masuk (klep minyak) terbuka serta katup Buang (klep api) tertutup, ini terlaksana pada era posisi piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB), oleh lantaran gerakan piston dari TMA ke TMB, maka diatas piston terlaksana pembesaran volume yng menghasilkan ruang yang telah di sebutkan menjadi hampa (vakum). Perbedaan tekanan udara luar yng tinggi yang dengannya tekanan hampa, menghasilkan udara akan mengalir serta bercampur yang dengannya bensin di karburator bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuk gas. Selanjutnya gas yang telah di sebutkan mengalir kedalam ruang silinder melalui saluran masuk (intake manifold) serta katup masuk, itulah prinsip kerja mesin motor 4 tidak yng pertama. Dengan arti katup masuk terbuka serta piston bergerak dari TMA ke TMB, campuran bahan bakar-udara masuk ke silinder.
  • Langkah kompressi (COMPRESSION STROKE), pengertiannya katup masuk (klep minyak) serta katup Buang (klep api) tertutup, posisi piston bergerak dari TMB ke TMA. Setelah melakukan pengisisan, piston yng telah mencapai TMB semisal di langkah isap akan kembali lagi bergerak menuju TMA, membuat kecil ruangan diatas piston, menjadikan campuran udara bahan bakar menjadi padat, tekanan serta suhu naik. Beberapa derajat sebelum torak mencapai TMA akan terlaksana percikan bunga api listrik dari busi yng membakar campuran bahan bakar-udara. Dan butuh di ketahui bahwasanya era penyalaan ini di lakukan pada waktu yng sedemikian tepat, karena andai tak maka mesin tak akan mencapai tenaganya yng maksimum. Dengan arti sesudah langkah pengisian, katup masuk serta piston bergerak ke atas mengkompressi campuran gas.
  • Langkah bisnis (POWER STROKE), pengertiannya katup masuk (klep minyak) serta katup Buang (klep api) masih tertutup, ini posisi piston bergerak dari TMA ke TMB. Pada era terlaksana pergerakan ini proses pembakaran memicu campuran gas akan mengembang serta memuai, menjadikan energi panas yng diperoleh oleh pembakaran dalam ruang bakar memicu tekanan ke segala arah serta mendesak piston ke TMB. Langkah bisnis ini dia yng diharapkan pada mesin bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa melindungi kelangsungan kerja serta perolehan tenaga mesin. Dari proses langkah bisnis ini terlihat bahwasanya terlaksana proses perubahan energi panas menjadi energi mekanis berupa gerak bolak balik lantas diubah lagi menjadi gerak putar bagi atau bisa juga dikatakan untuk selanjutnya diteruskan ke roda. Dengan arti posisi kedua katup tertutup serta kondisi campuran gas yng bertekanan. pembakaran menghasilkan ledakan, menjadikan bisa mendorong piston ke bawah.
  • Langkah Buang (EXHAUST STROKE), pengertiannya katup masuk (klep minyak) tertutup serta katup Buang (klep api) terbuka, posisi piston bergerak dari TMB ke TMA. Setelah suatu mesin mengahsilkan energi yng diperoleh dari adanya ledakan gas yng terbakar, selanjutnya piston bergerak ke TMA mendesak gas bekas sisa pembakaran keluar melalui katup Buang serta saluran Buang (exhaust manifold) ke atmosfir. Dengan arti katup Buang terbuka, menjadikan gas bekas hasil pembakaran bisa keluar dari dalam silinder.
Itulah penjelasan prinsip kerja mesin motor 4 tidak serta saat ini kita masuk pada prinsip kerja mesin motor 2 tidak,

Penjelasan Prinsip Kerja Motor Mesin 2 Tak


Urutan siklus mesin 2 tidak (2 langkah) percis yang dengannya mesin 4 tidak (4 langkah), sama-sama melakukan gerakan isap-komressi-usaha serta Buang. Hanya saja pada motor 2 tidak (2 langkah), satu siklus diselesaikan yang dengannya satu putaran engkol ataupun dua kali gerakan piston, menjadikan keempat proses kerjanya beberapa ada yng berlangsung secara bersamaan. Untuk lebih detainya saya akan jelaskan prinsip kerja mesin motor 2 tidak, menjdai berikut:
Gbr. Prinsip Kerja Mesin Motor 2 Tak
  • Langkah isap serta kompressi. Langkah ini terlaksana era piston bergerak dari TMB ke TMA ataupun yang dengannya kata lain-lainnya setengah putaran pertama ataupun 180.
  1. Di bawah piston, selama langkah piston menuju TMA, ruang engkolakan membesar serta menjadikan ruang yang telah di sebutkan hampa ataupun vakum. Dengan perbedaan tekanan ini, maka udara luar bisa mengalir serta bercampur yang dengannya bahan bakar di karburator yng selanjutnya masuk ke ruang engkol. Langkah ini disebut langkah isap ataupun pengisian ruang engkol.
  2. Di atas piston, selama proses ini, piston bergerak menuju TMA. Bila kedua saluran yaitu saluran bilas (transfer port) serta saluran Buang (exhaust port) tertutup, maka proses langkah kompressi mulai. Dengan gerakan piston terus ke atas mendesak gas baru yng telah masuk sebelumnya, membuat suhu serta tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai titik mati atas (TMA), busi akan meletikkan bunga api serta mulai membakar campuran gas tadi. langkah ini disebut langkah kompressi.
  • Langkah bisnis serta Buang. Langkah ini terlaksana sesudah putaran kedua ataupun 360, piston bergerak dari TMA ke TMB.
  1. Di atas piston, Pembakaran menghasilkan ledakan yng menghasilkan tenaga, serta mendesak piston bergerak menuju TMB. Langkah ini disebut langkah bisnis. Beberapa derajat sesudah piston bergerak ke TMB lubang Buang (exhaust port) terbuka oleh piston, gas-gas bekas melalui saluran Buang. Langkah ini disebut langkah Buang.
  2. Di bawah piston, Beberapa derajat selanjutnya sesudah saluran Buang di buka, maka saluran bilas (transfer/scavengingport) mulai terbuka oleh tepi piston. Gas baru yng berada di bawah piston terdesak, serta mengalir melalui saluran bilas menuju puncak ruang bahan bakar sambil membantu mendorong gas bekas keluar. proses ini disebut pembilasan.
Dengan arti prinsip kerja mesin motor 2 Tak mampu disimpulkan menjdai berikut: 1. Pada 1/2 putaran poros engkol pertama (180) dari TMB ke TMA :
  • Di bawah piston : Langkah isap ataupun pengisian ruang engkol.
  • Di atas piston : langkah kompressi
2. Pada 1/2 putaran poros engkol selanjutnya (360) dari TMA ke TMB :
  • Diatas piston : Langkah bisnis serta langkah Buang.
  • Di bawah piston : Pembilasan.

Perbandingan Motor 4 Tak serta 2 Tak


Setelah kita ketahui prinsip kerja mesin motor 4 tidak serta 2 tidak, kita mampu memberikan kesimpulan bawah setiap mesin mempunyai kelebihan/keunggulan serta kekurangan, jadi dibawah ini saya akan uraikan apa kelebihan serta apa kekurangan mesin motor 4 tidak serta 2 tidak, antara lain:
A. Mesin motor 4 tidak (4 langkah)
  • Keunggulan/kelebihan/keuntungan mesin motor 4 tidak (4 langkah):
  1. Efisien dalam penggunaan bahan bakar, lantaran kerugian gas yng terbuang kecil sekali dibanding mesin 2 tidak (2 langkah).
  2. Motor bekerja lebih halus pada putaran rendah.
  3. Perolehan tenaganya maksimum lantaran proses kerja setiap langkah berlangsung satu langkah penuh, yng menghasilkan tenaga maksimum.
  4. Sistem pelumasan relatif lebih sempurna menjadikan lebih awet.
  • Kelemahan/kerugian pada mesin motor 4 tidak (4 Langkah):
  1. Konstruksinya rumit lantaran komponennya lebih tidak sedikit.
  2. Memerlukan silinder yng tidak sedikit agar mesin bekerja lebih halus.
B. Mesin motor 2 tidak (2 langkah)
  • Keunggulan/kelebihan/keuntungan mesin motor 2 tidak (2 langkah):
  1. Mesin bekerja lebih halus yang dengannya jumlah silinder yng tidak banyak.
  2. Konstruksinya lebih simpel.
  • Kelemahan/kerugian pada mesin motor 2 tidak (2 langkah):
  1. Pembuangan gas tidak lebih sempurna, lantaran langkah Buang berlangsung kira-kira setengah dari motor 4 langkah.
  2. Motor bekerja tak teratur pada putaran rendah.
  3. Pelumasan tidak lebih sempurna pada dinding silinder, lantaran letak saluran buangnya yng panas berada di bagian tengah silinder.
  4. Sistem pelumasannya relatif tidak lebih sempurna, menjadikan komponen-komonenya tak awet.
  5. Jadwal perawatannya lebih singkat, lantaran efek pembakaran yng tak sempurna membuat mudah timbulnya penumpukan karbon pada ruang bakar serta saluran Buang.
Demikianlah Penjelasan wacana Prinsip kerja mesin motor 4 tidak serta 2 tidak serta sekalian penjelasan wacana apa kelebihan serta kelemahan dari mesin motor 4 tidak serta 2 tidak serta sekalian perbandingannya, semoga berguna bagi setiap pembaca serta berlebi mekanik bengkel sepeda motor.
Sekian serta Semoga berguna!!.

Source Article and Picture : http://www.bengkel-motor.com/2015/11/prinsip-kerja-mesin-motor-4-tak-dan-2-tak.html

Seputar Prinsip Kerja Mesin Motor 4 Tak Dan 2 Tak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Prinsip Kerja Mesin Motor 4 Tak Dan 2 Tak