Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis Trail

- Kamis, Mei 18, 2017

Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis Trail

 
Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis TrailMenjaga dan Merawat Motor Trail ---Ketika disaat melihat pengendara trail sedang beraksi, kesan tangguh dan jantan Amat terpancar. banyak sekali kondisi jalan dan medan yng dilalui seakan tak ada pengertiannya andai mempergunakan motor trail. Bebatuan, sungai, lumpur, tanjakan, sampai-sampai jalan rusakpun mampu dilalui oleh motor ber-torsi besar ini. Wajar andai motor trail disebut menjdai motor yng tangguh dan kuat dibandingkan jenis motor lain-lainnya. Namun, tetap saja motor trail butuh perawatan yng memadai agar tak cepat rusak.
Sebagian pemilik motor trail terkadang lebih suka membiarkan motor kesayangannya penuh lumpur. Khususnya motor trail yng memanglah selalu bersentuhan yang dengannya medan yang dengannya jalan tanah dan basah, semisal daerah perkebunan dan perbukitan. Seiring yang dengannya kepopuleran motor trail, saat ini ini telah tidak sedikit kita lihat motor jenis ini melenggang gagah di jalanan kota besar. Bahkan banyak sekali yng terlihat nongkrong di parkiran mall. Tentunya tanpa lumpur dan pun bekas tanah yng ditonjolkan. Terlihat begitu bersih pada otot-otot besinya.
Nah, hal yng butuh diperhatikan, baik motor trail yng bersentuhan langsung yang dengannya medan sulit, maupun motor trail yng "manja" di jalan kota, dua-duanya butuh perawatan agar motor tak cepat rusak dan awet. Motor yng kuat bukan berguna tak rusak bukan? Oleh karenanya, apapun jenis motornya, salah satunya motor trail tetap butuh perawatan. Dan berikut merupakan beberapa Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis Trail, agar selalu tangguh dan tak cepat rusak.
JAGA SELALU KEBERSIHAN MOTOR
Jagalah kebersihan motor Anda. Jangan biarkan motor Anda dalam kondisi kotor, apalagi era dipakai di medan yng becek dan berlumpur. Hal ini memanglah sengaja di lakukan, guna menghindarkan motor Anda dari karat akibat kotoran lumpur maupun air hujan.
CEK ONDERDIL MOTOR TRAIL
Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu mengecek bagian-bagian onderdil motor trail Anda, semisal kabel kopling, seher ataupun piston, silinder head, karburator, upside down dan lain-lain. Langkah ini bertujuan agar power pada motor tak berkurang era dipakai kelak.
CEK BAGIAN RANTAI MOTOR TRAIL
Sehabis dipakai, jangan tidak ingat memberikan pelumas ataupun oli pada rantai motor trail Anda. Hal ini jangan hingga terlewatkan, lantaran mampu membuat rantai aus, dan akhirnya berdampak pada kelancaran penggunaannya.
PERIKSA KAMPAS REM DAN KOPLING MOTOR TRAIL
Kampas rem dan kampas kopling pun butuh mendapatkan perhatian khusus. Kedua bagian ini tak kalah penting yang dengannya parts lain-lainnya. Terlebih, kampas rem maupun kampas kopling mampu habis cuma dalam satu kali race.
PERIKSA BAGIAN KABEL MOTOR TRAIL
Pada bagian ini, hal utama yng Perlu diperiksa yakni kabel pada bagian CDI maupun kabel gas.
Beberapa poin Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis Trail diatas adalah hal-hal yng butuh diperhatikan secara regular (perawatan harian) pada motor trail. Khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk motor trail yng habis dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kegiatan offroad ataupun sesudah memalui medan berat, butuh melakukan beberapa Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis Trail semisal dibawah ini:
SEGERA CUCI MOTOR TRAIL
Jangan menunda bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencuci motor kesayangan kamu. Kalau capek, langsung saja dibawa ke tempat cucian. Pastikan pada waktu mencuci motor itu lubang knalpot ditutup, agar tak kemasukan air. Jangan menyemprot air yang dengannya tekanan kuat pada bagian kelistrikan, karburator/injector, dan decal.
LAKUKAN PERAWATN PADA RANTAI
Lumasi frantai yang dengannya pelumas rantai (chain lube) sesudah kamu mencuci motor. Cek pun ketegangan rantai, andai kendor langsung saja dikencangkan. Harga rantai lumayan tidak murah, pastikan kamu merawatnya yang dengannya benar, agar awet.
PERIKSA AIR RADIATOR DAN OLI
Buka tutup radiator, cek ketinggian air radiator. Jika airnya tidak lebih, langsung saja ditambah yang dengannya air radiator. Jangan ditambah yang dengannya air biasa maupun air Aqua. Kemudian cek level oli mesin, andai terihat tidak lebih, tambahkan oli mesin. Ketika dipakai offroad dalam jangka waktu cukup lama, mampu saja oli mesin mengalami pengurangan lantaran pemuaian ataupun kebocoran halus.
SEMPROT DENGAN CAIRAN ANTI KARAT
Untuk mencegah berkarat, semprot bagian-bagian yng gampang berkarat yang dengannya cairan WD40.
BERSIHKAN FILTER UDARA
Cek filter udara, andai terlihat kotor, langsung saja dibersihkan. Cek cara membersihkan filter udara di tulisan atau artikel lain di website IDB ini.
CEK KESESUAIAN MUR DAN BAUT MOTOR
Setelah digeber di jalur offroad seharian, seringkali ada bau tau mur yng kendor. Hal spele ini Suka terlewatkan dan akan jadi masalah besar disaat ada masalah di jalur offroad. Masalah besar itu mampu saja dimulai dari hal kecil, yakni hilangnya baut.
Akhirnya, mudah-mudahan yang dengannya beberapa Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis Trail diatas mampu membuat motor trail kesayangan selalu awet dan prima. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:



Source Article and Picture : http://otozones.blogspot.com/2015/01/tips-cara-perawatan-motor-trail.html

Seputar Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis Trail

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis Trail