Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak
Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak | Referensi terbaru di 2017 via web Cara Atasi Motor. Rekomendasi konten lengkap terbaik. - Cara Atasi Motor. Artikel ini di beri judul Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak. Konten ini untuk anda pembaca setia https://caraatasimotor.blogspot.com/. Bagikan juga postingan Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak terbaru ini ke media kalian. Supaya blog seputar Cara Atasi Motor dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Cara Atasi Motor di 2017 ini. Langsung saja baca dan simak mengenai Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak di bawah ini dari situs web Cara Atasi Motor.Sistem Pengapian Honda 4Tak |
Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak Amat berbeda yang dengannya system pengapian pada motor Suzuki ataupun Yamaha, itu mampu dilihat dari warna kabelnya dan pun fungsinya akan tetapi yng membuat percis merupakan system cara kerjanya lantaran kalau kita mampu menguasai satu dari sekian banyaknya system pengapian dari antara jenis motor Honda, Suzuki dan Yamaha yang telah di sebutkan , otomatis kita akan gampang memahami system dan fungsi pengapian motor-motor yng lain.
Semenjak tahun 1990 Pengapian kendaraan bermotor Honda 4Tak telah mempergunakan pengapian Elektrik ataupun Pengapian CDI yng mengandalkan Spull pengapian menjdai arus awal dan lantas sesudah diproduksinya motor GL Pro Neotech sekitar tahun 1996 system pengapian pada motor ini terlaksana perubahan adalah pengapiannya Perlu dibantu yang dengannya mempergunakan Aki/Batray. jadi sebelum saya jelaskan lebih lanjut perihal system dan fungsi pengapian sepeda motor 4Tak ini Perlu benar-benar dipahami agar bisa gampang kita memproses ataupun mengecek system dan fungsinya.
Sesuai yang dengannya penjelasan saya diatas adanya perbedaan Sistem dan fungsi pengapian sepeda motor 4Tak pendapat dari tahun pembuatannya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu saya akan rincikan satu persatu bagaimana system pengapian CDI yng mengandalkan Spull Pengapian menjdai arus awal dan Bagaimana pun system pengapian yang dengannya mempergunakan Aki/Batray.
Sistem dan fungsi pengapian sepeda motor 4Tak yang dengannya Mengandalkan Spull menjdai awal Arus Api
Sistem dan fungsi Pengapian sepeda motor 4Tak yang dengannya mengandalkan Spull menjdai awal arus merupakan terdiri dari beberapa komponen system pengapian yakni Spull Pengapian-Fulser-Kunci kontak- CDI- Coil-kepala Busi dan Busi, itulah komponen system pengapiannya. Baiklah saya akan jelaskan Cara mengecek Sistem pengapian motor Honda 4Tak.
Setelah kita mengecek bahwasanya percikan api yng disalurkan ke busi tak ada, itu berguna satu dari sekian banyaknya dari system pengapian ada yng tak berfungsi, jadi kita Perlu mengawali mengecek system pengapaian dari awal antara lain:
1. Spull Api
Cara memeriksanya sambil mengengkol agar bisa mesin dalam posisi berputar Ya, Warna kabel spull api pada motor Honda 4Tak merupakan warna Hitam list Merah, coba diperiksa yang dengannya menempelkan Kabel warna yang telah di sebutkan dari spull kebagian Massa, kalau cara saya umumnya menempelkan ke mesin ataupun Rangka mesin, selanjutnya yang dengannya sambil mengengkol coba lihat kabel yang telah di sebutkan kira-kira mengeluarkan percikan api tak, kalau apinya ada berguna spull perapian yang telah di sebutkan tidak jelek alias bagus, akan tetapi kalau tak ada berguna Spullnya yng Tidak berfungsi atau juga Rusak. Jadi Proses yang telah di sebutkan langsung mampu memberikan kesimpulan Rusak tidaknya Spull api motor Honda 4Tak.
2. Fulser
Fulser Gunanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk Menstabilkan Pengapian yng masuk ke CDI, Cara meriksa rusak tidaknya alat ini yang dengannya memakai alt bantu yakni Tester lantaran tak kelihatan kalau dicek secara manual karena percikan api pada Fulser tak ada dan sesuai yang dengannya pengalaman saya jarak terlaksana kerusakan pada system alat ini.
3. Kunci Kontak
Setelah kita mengetahui bawa system perapian dari spull tidak jelek alias bagus, langsung cek kunci kontak lantaran kunci kontak pada motor Honda 4Tak merupakan yng menghubungkan saluran perapian dari spull ke CDI, cara memeriksa kunci kontak berfungsi ataupun tak merupakan yang dengannya posisi kunci kontak dalam posisi ON coba cek kabel warna hitam list putih yng ada di colokan CDI kira kira mengeluarkan percikan api tak posisi memeriksanya jangan tidak ingat sambil mengengkol agar bisa mesin berputar, kalau mengeluarkan percikan api berguna kunci kontaknya Bagus akan tetapi kalau tak berguna Kunci kontaknya yng Rusak, jadi proses pemeriksaan yng menentukan.
4. CDI
sesudah kita proses Spull sebenarnya tidak jelek alias bagus dan Kunci kontak pun tidak jelek alias bagus, proses selanjutnya merupakan Pengecekan terhadap system perapian dari CDI, tatacaranya merupakan Posisi Colokan Kabel yng masuk ke CDI jangan dilepas Ya......Coba cek warna kabel Hitam list Kuning yang dengannya menempelkan kabel yang telah di sebutkan kesalahsatu bagian massa yang dengannya posisi ngeceknya sambil mesin diengkol, Kalau CDInya berfungsi maka akan mengeluarkan percikan api yng besar namun kalau tak berfungsi ataupun percikan apinya tak keluar maka berguna CDInya rusak. Jadi proses pemeriksaan yng menentukan.
5. Coil
Jika dari beberapa system pengapian yng saya jelaskan diatas semuanya tidak jelek alias bagus maka proses pemeriksaan selanjutnya merupakan Coil, tatacaranya merupakan usahakan warna kabel Hitam list Kuning terpasang ke Coil
sesudah itu Coba Periksa kabel Coil yng disalurkan ke kepala busi ataupun ke busi yang dengannya bentuk kabel yng dilapisi lapisan warna hitam tebal yang dengannya sambil mengengkol, kalau Coil berfungsi maka akan mengeluarkan percikan api yng kuat, usahakan cara ngeceknya jangan terlampau dekat kabel yang telah di sebutkan yang dengannya massa, jauhkan jaraknya berkisar 1cm dari massa dan usahakan kabel Coil yang telah di sebutkan disaat ngeceknya pegang kuat-kuat lantaran bisa-bisa kamu terkejut yang dengannya sentrumannya, akan tetapi kalau tak mengeluarkan api maka berguna Coilnya Rusak, jadi proses pemeriksaan yng menentukan.
6. Kepala Busi
Sebenarnya Kepala busi gampang ngeceknya kalau tidak jelek alias bagus tidaknya yakni andai sesudah seluruh proses diatas sebenarnya tidak jelek alias bagus seluruh maka coba periksa kepala busi yang dengannya memasang busi kendaraan yang telah di sebutkan ke kepala busi, kalu kepala businya berfungsi maka Busi pasti Mengeluarkan api akan tetapi kalau tak maka busi tak akan mengeluarkan api, ini proses pemeriksaannya posisi Busi masih Bagus, cara lain-lainnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat kepala busi tidak jelek alias bagus ataupun tak, sesudah kita lakukan cara yang telah di sebutkan diatas sebenarnya Busi tak mengeluarkan api padahal Busi masih tidak jelek alias bagus merupakan Coba jangan dipasang dulu kepala busi akan tetapi usahakan Busi yng langsung ke Coil ataupun dari Coil ke Busi, kalau Busi mengeluarkan api yang dengannya posisi sebelumnya waktu dipasang kepala busi tak mengeluarkan api berguna kepala businya Rusak, jadi proses pemeriksaan yng menentukan.
7. Busi
Setelah proses semuanya yng saya jelaskan diatas dalam posisi tidak jelek alias bagus saat ini tinggal busi yng di Cek, jadi andai businya tidak jelek alias bagus maka akan mengeluarkan percikan api dan andai rusak maka apinya tak ada, jadi proses pemeriksaan yng menentukannya
Catatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk di ingat
Jangan mau membodohi dan jangan mau di bodohi, kerusakan pengapian pada kendaraan bermotor Anda tak sekalian Rusak pada waktu yng bersamaan akan tetapi cuma satu dari sekian banyaknya diantara yng saya jelaskan diatas yng tak berfungsi system pengapiannya, jadi mohon ini Perlu diingat.
Sistem dan Fungsi pengapian yang dengannya mempergunakan Aki/Batray
Sistem dan Fungsi Pengapian mempergunakan Aki/Batray |
1. Spull Cas
Di sinilah perbedaan pengapiannya yang dengannya system dan fungsi perapian yng pertama yng sudah saya jelaskan di atas, kalau system pengapian yang dengannya mempergunakan bantuan Aki/Batray Spull Hanya berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyalurkan api ke Kiprok, Tanpa mempergunakan Spull cas ini Pun Posisi Kendaraan Bermotor Bisa Hidup akan tetapi Dengan Catatan Akinya/Batray Kuat ataupun Baru, akan tetapi kelemahannya Aki Tidak bertahan lama Menyimpan api atau juga aki yang telah di sebutkan sehari dua hari Soak dan Motornya Tidak mampu hidup kembali, makanya Spull Cas menjdai sumber api awal Perlu ada bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu pengisian Aki/Batray yng di salurkan melalui kiprok dan itulah yng membuat Aki/Batray yang telah di sebutkan Tahan Lama. Cara mengecek pengapian spull cas kendaraan ini merupakan Coba perhatikan di kabel spullnya ada dua kabel warna kuning dan warna putih, kabel warna putih ini coba di cek apinya apakah mengeluarkan percikan api ataupun tak yang dengannya posisi pengecekan sambil di stater ataupun di engkol, kalau mengeluarkan api berguna spull casnya tidak jelek alias bagus akan tetapi kalau tak maka otomatis spull casnya rusak, jadi proses pemeriksaan yng menentukan.
2. Fulser
Fulser percis penjelasannya yang dengannya keterangan yng telah saya uraikan di atas, jadi tolong dibaca kembali.
3.Kiprok
Kiprok mempunyai colokan warna kabel 4 warna antara lain warna Kuning fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menetralkan saluran api yng menuju ke Lampu kendaraan yang telah di sebutkan agar bisa tak putus, warna putih fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu dalam pengecasan Aki/batray yng tersalur melalui kabel warna merah yng ada di colokan kabel Kiprok, warna merah fungsinya merupakan mentrasfer api yng dialirkan melalui kabel warna putih yng ada di colokan kiprok dan warna hijau merupakan massa. Jadi periksa warna Kabel warna merah dari colokan kiprok bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan keluar percikan api ataupun tak, kalau keluar berguna tidak jelek alias bagus akan tetapi kalau tak berguna kiproknya rusak, jadi proses pemeriksaan yng menentukan.
4. Kunci kontak
ini tak butuh saya jelaskan lagi karna system dan fungsi pengapiannya percis yang dengannya yng saya uruaikan yang dengannya penjelasan diatas. cuma yng membedakannya merupakan sesudah posisi ON kunci kontak coba periksa warna kabel yng ada di colokan CDInya yang dengannya warna kabelnya warna Hitam mengeluarkan percikan api ataupun tak, kalau apinya ada maka kunci kontaknya Bagus akan tetapi kalau tak mengeluarkan percikan api di warna kabel hitam yang telah di sebutkan berguna Kunci kontaknya yng Rusak, jadi proses pemeriksaan yng menentukan.
5. CDI
CDI cara kerjanya percis yang dengannya yng saya uraikan diatas sekalian warna kabelnya, jadi jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membacanya kembali.
6. Coil
Coil pun percis penjelasan dan tatacaranya semisal yng saya uraikan diatas, jadi dibaca ulang ya!!
7 Kepala Busi dan Busi
Ini pun percis yang dengannya penjelasan yng saya uraikan diatas, jadi tolong dibaca kembali Ya!!
Jangan Lupa bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca Artikel terkait perihal tips bengkel sepeda motor, antara lain:
1. Penjelasan lengkap rangkaian system pengapian sepeda motor bagi atau bisa juga dikatakan untuk yamaha
2. Tips perihal cara memperbaiki motor injeksi yng mogok
3. Tips perihal cara modifikasi Sepeda motor agar bisa lari kencang
4. Tips perihal cara memperbaiki sepeda motor yng mogok
Demikian tulisan atau artikel perihal system dan fungsi pengapian sepeda motor Honda 4Tak mudah-mudahan berguna.
Sekian dan selamat Mencoba.
Source Article and Picture : http://www.bengkel-motor.com/2015/08/sistem-fungsi-pengapian-sepeda-motor.html
Seputar Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak
Terima kasih telah membaca Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak. Semoga pos dari situs web Cara Atasi Motor berguna dan memberi manfaat. Baik untuk anda dan buat website Cara Atasi Motor. Silakan berbagi ulasan Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Cara Atasi Motor melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog Cara Atasi Motor untuk mendapat info lengkap terbaru 2017. Lalu baca pembahasan selain dari : Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak yang lebih terupdate lengkap dan free. Atau simak artikel gratis terkait dari situs web Cara Atasi Motor di bawah. Demikan dan sekian tentang Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak. Dan Assalamualaikum pembaca Cara Atasi Motor.
Advertisement