Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian Dengan Mobil

- Kamis, Mei 04, 2017

Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian Dengan Mobil

 
Tips serta Cara Pemeriksaan Kendaraan Sebelum Jalan ---Seperti yng telah tidak sedikit disinggung sebelumnya, era ingin melakukan perjalanan yang dengannya kendaraan, baik kendaraan beroda empat ataupun sepeda motor, tak cuma fisik pengendara ataupun pengemudi yng butuh dipersiapkan, namun pun kendaraan itu. Memeriksa kondisi kendaraan beroda empat sebelum melakukan perjalanan penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan agar tak terlaksana hal-hal yng tak dimau-kan.
Khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk bepergian yang dengannya kendaraan beroda empat, melakukan Pengecekan Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian adalah rutinitas wajib. Hal yng paling simpel bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan merupakan yang dengannya memanaskan mesin kendaraan. Baca tulisan atau artikel sebelumnya ihwal,
Cara Memanaskan Kendaraan Dengan Benar
Saat memanaskan kendaraan ini dia kita mampu mengetahui gejala serta kondisi kendaraan kita dari bunyi mesin yng ditimbulkan. Lalu, apa saja bagian ataupun komponen yng Perlu diperiksa sebelum jalan?
Sebelumnya, baca berlebi dahulu tulisan atau artikel terkait ihwal hal ini:
  • Tips Mempersiapkan Kendaraan Untuk Perjalanan Jauh
  • Tips Persiapan Sebelum Mudik Dengan Kendaraan
Dan berikut merupakan beberapa komponen ataupun bagain kendaraan yng butuh di lakukan pemeriksaan sebelum jalan.

Pemeriksaan Kendaraan Mobil Sebelum Jalan

  • Cheking mesin: cek apakah mesin berfungsi yang dengannya baik, apakah terdengar bunyi aneh, apakah mesin berjalan yang dengannya normal ataupun gangguan lain-lainnya.
  • Sistim pelumasan: periksa seluruh komponen system pelumasan semisal saringan oli apakah telah butuh diganti ataupun tak sesuai anjuran pabrik yakni rata-rata sesudah 5.000 - 10.000 km, periksa kondisi oli serta level oli jangan hingga tidak lebih dari batas minimum ataupun melewati batas maksimalnya, jaga kebersihan oli serta yakinkan tak ada kotoran/debu, air, debu dari kain lap, minyak bekas yng ikut masuk ke dalam mesin.
  • Sistim pendinginan: periksa apakah kondisi selang/pipa pada system pendinginan dalam keadaan baik, lakukan pengurasan air pendingin serta bersihkan bagian yng berkarat. Periksa apakah ada kebocoran di system pendingin, apakah tinggi permukaan air dalam radiator cukup ataupun tak, periksa apakah thermostat berfungsi ataupun tak dll.
  • Sistim pembakaran: Periksa seluruh komponen system pembakaran semisal tangki bahan bakar apakah ada kebocoran, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar apakah butuh diganti ataupun tak, komponen system pembuangan, gas Buang, knalpot.
  • Kerja karburator: Apakah karburator berfungsi yang dengannya normal menjadikan campuran bensin serta udara normal. Bersihkan karburator andai terdapat kotoran.
  • Sistim pengapian: Periksa komponen system pengapian. Cek era pengapian serta lakukan penyetelan era pengapian yng tepat. Periksa keadaan koil serta platina. Pastikan busi dalam keadaan bersih dari kotoran, periksa keadaan busi dari mungkin elektroda aus, terbakar. Ganti kabel busi bila telah bocor, keras ataupun terlalu tua.
  • Sistim kelistrikan: Periksa komponen system kelistrikan apakah seluruh berungsi yang dengannya baik, semisal apakah ada kabel yng mengelupas, putus, kendor dll. Periksa lampu - lampu kendaraan apakah ada yng putus. Periksa juga instrumen switch lampu. Bawalah sekring cadangan sesuai besarnya ampere yng dibutuhkan.
  • Sistim kemudi: Periksa komponen system kemudi semisal setir apakah mampu digunakan yang dengannya baik. Apakah kemudi terasa berat, ringan, melayang ataupun stabil.
  • Accu: Periksa apakah ada kebocoran elektrolit, korosi pada klem konektor, keretakan pada tutup serta kotak baterai, apakah seluruh komponen masih utuh, apakah di komponen baterai ada, kerenggangan. Bersihkan terminal, klem, tutup kotak baterai agar terhindar dari mungkin karat.
  • Motor Starter: Periksa apakah motor starter berfungsi yang dengannya baik. Apakah motor starter lancar, tak tersendat-sendat ataupun telah dihidupkan. Pastikan arus yng mengalir ke motor starter kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memutar motor starter. Apakah motor starter bersuara gaduh serta lain-lain.
  • Kopling serta percepatan: Pastikan kopling dalam keadaan tidak jelek alias bagus, periksa ketebalan kampas kopling serta minyak kopling dari master atas ataupun master bawahnya.
  • As gardan: periksa apakah ada gangguan di as gardan semisal bengkok, longgar, serta lain-lain.
  • Kerangka serta pegas: Periksa apakah ayunan pegas ada yng patah ataupun gugus.
  • Pemeriksan Baut/mur: Periksa seluruh baut/mur yng terdapat di seluruh komponen telah terpasang yang dengannya baik. Jangan hingga kendor ataupun terlalu kuat.
  • Rem: Periksa apakah rem berfungsi yang dengannya baik. Apakah bantalan rem telah aus ataupun belum, apakah rem tak blong. Periksa jumlah minyak rem dalam tabung serta bila ada kebocoran pada master silinder segera ubah yang dengannya yng baru. Gantilah ketebalan kampas rem depan belakang bila mengalami keausan yang dengannya yng baru. Pastikan kondisi rem tangan dalam keadaan baik.
  • Ban serta alat perkakas: Periksa tekanan angin, ban serep serta seluruh ban apakah telah cukup tekanan anginnya jangan hingga tidak lebih. Dan jangan tidak ingat bawa perkakas/tool kit yng mungkin Anda butuhkan di jalan.
Itulah seikit Tips serta Info Otomotif terbaru ihwal beberapa komponen ataupun bagain kendaraan yng butuh di lakukan pemeriksaan sebelum jalan. Semoga berguna serta salam OtoZones!

Baca Tips serta Info Otomotif Lainnya:



Source Article and Picture : http://otozones.blogspot.com/2015/03/cek-kondisi-kendaraan-sebelum-bepergian-dengan-mobil.html

Seputar Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian Dengan Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian Dengan Mobil