Petunjuk Terbaik Pada Cara Kerja Dan Cara Merawat Mesin Motor Fuel Injection Secara Lengkap

- Senin, April 24, 2017

Petunjuk Terbaik Pada Cara Kerja Dan Cara Merawat Mesin Motor Fuel Injection Secara Lengkap

 

 Jenis Mesin Motor Fuel Injection
Jenis Motor Fuel Injection FI
Ini merupakan petunjuk paling baik pada cara kerja serta cara merawat mesin motor fuel injection secara lengkap serta sekalian perihal cara kerja motor injction, yng adalah inovasi terbaru pada sepeda motor. Dalam petunjuk ini tentu kita Perlu berlebi dahulu mengetahui apa yng dimaksud yang dengannya Motor Fuel Injction? Jawabannya merupakan suatu system yng mempergunakan metode pencampuran bahan bakar yang dengannya udara pada kendaraan bermotor bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan pembakaran yng sempurna menjadikan lebih irit dalam mempergunakan bahan bakar pada motor yang telah di sebutkan. Teknologi terbaru ini pada sepeda motor itu dirilis lantaran bahan bakar minyak yng makin tidak murah serta adalah penerapan standar euro3 terbaru yng dirilis sejak pertengahan tahun 2013.
Melalui Bengkel sepeda motor di artikel ini akan mengatakan bahwasanya bagi setiap konsumen yng ingin mempunyai ataupun mempergunakan kendaraan bermotor fuel injection ataupun yng pada era ini telah mempunyai kendaraan bermotor FI(fuel injection), jangan ada keraguan lantaran motor injection ini mempunyai keuntungan akselerasi serta tenaga mesin yng Amat baik, konsumsi bahan bakar akan jauh lebih efisien serta emisi gas Buang lebih ramah lingkungan, serta keefisiensi system injeksiini terdapat atau terletak pada bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin, mempergunakan tidak sedikit sensor bagi atau bisa juga dikatakan untuk memonitor kondisi mesin, serta sebuah unit kontrol elektronik (electronic control unit, ECU) bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghitung jumlah bahan bakar yng sesuai keperluan, itulah keunggulan yng di bisa dari mesin motor fuel injection sebelum kita lanjut pada petunjuk paling baik pada cara kerja serta cara merawat mesin motor fuel injection secara lengkap.
Ada beberapa hal yng menjadi keuntungan pada mesin motor fuel injection, antara lain:
1. Pembakarannya Lebih Sempurna
Kenapa saya katakan lebih sempurna, lantaran pembakaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mesin injeksi telah di kontrol langsung yang dengannya perangkat elektronik dari pabrikan menjadikan telah sesuai standard ,yang dengannya begitu motor yng mempergunakan teknologi injeksi akan menghasilkan pembakaran yng jauh lebih sempurna dibandingkan yang dengannya mempergunakan karburator, yang dengannya arti AFR sudah disesuaikan otomatis sesuai kebutuhan pada motor, sedangkan pada mesin motor yng masih mempergunakan karburator masih memerlukan penyetingan AFR yng pas. AFR pengertiannya perihal keluarnya bahan bakar serta udara).
2. Bahan Bakar Minyak Lebih Irit
Tentu lantaran pembakarannya lebih sempurna maka otomatis berpengaruh pada bahan bakar yng dipakai akan lebih irit dari mesin motor yng masih memakai karburator lantaran komponen injector umumnya dibekali setelan pemrograman yng telah sesuai standard pabrikan. Pihak Pabrik sendiri akan menyetel ECM pada motor yng telah sesuai kebutuhan, itulah yng membuat bahan bakar minyak lebih irit.
3. Penyetelan pada injection tak diharapkan
Tidak diharuskan melakukan penyetelan berulang lantaran pengolahan AFR telah di kontrol langsung oleh perintah komputer melalui ECM ataupun kepanjangan dari Electronic Control Module sesuai yang dengannya standard pabrik yng cuma akan mampu diubah andaikan mempergunakan software khusus pada komputer kamu.
4. Service tak diharuskan
Apabila kendaraan kamu telah mempergunakan system pembakaran injeksi maka tak butuh repot repot ,bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkan kamu cukup menyemprotkan injector cleaner pada lubang busi serta selesai. Berbeda yang dengannya Mesin motor yng memakai karburator, tentu Perlu rutin melakukan service minimal 1X 2 bulan.

Petunjuk Pada Cara Kerja Mesin Motor Fuel Injection Secara Lengkap


Cara Kerja Mesin Motor Fuel Injection
Cara Kerja Mesin Motor Fuel Injection
Sebelum kita masuk pada cara merawat mesin motor injection, ada baiknya kita mengerti berlebi dahulu perihal system kerja mesin motor fuel injection yng terdiri dari tiga system utama, antara lain:
1. System bahan bakar
2. System induksi udara
3. System control elektronik.
1. Tentang system bahan bakar
Sistem Bahan Bakar berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar, serta terdiri dari beberapa komponen, antara lain:
  • Pompa Bahan bakar
Komponen ini mempunyai fungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injektor. Pompa bahan bakar yng dipakai merupakan pompa bahan bakar listrik
  • Fuel pulsation damper
Komponen ini berfungsi menjdai penyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan lantaran adanya injeksi. Tekanan bahan bakar dalam intake manifold dipertahankan oleh pressure regulator.
  • Pressure Regulator
Komponen ini berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur tekanan bahan bakar ke setiap injektor. Jumlah bahan bakar yng di injeksikan diatur oleh sinyal yng di berikan ke injector menjadikan tekanan Perlu tetap pada tiap-tiap injketor.
  • Injektor
Komponen ini adalah nozzle elektromagnetik yng kerjanya dikontrol oleh computer.Injektor dilengkapi yang dengannya heat insulator pada saluran masuk ataupun pada kepala slinder yng dekat yang dengannya lubang pemasukan
  • Cold start injektor
Komponen ini berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuplai bahan-bahan pada era suhu motor masih rendah serta telah dipasang dibagian tengah ruangan udara masuk.Injektor bekerja cuma pada era start bila temperatur air pendingin di bawah 220 Celsius pada sepeda motor.
2. Tentang system induksi udara
Sistem induksi udara berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan sejumlah udara yng diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembakaran yng terdiri dari:
  • Therottle body
Therottle body terdiri atas katup therottle bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengontroludara masuk,sebuah system by pass udara yng mengatur sirkulasi udara pada putaran idle serta sebuah therottle position sensor bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyensor kondisi terbukanya katup therottle.
  • Katup udara
Katup udara di pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk fast idle yng bekerjanya oleh bimetal serta heat coil motor dalam keadaan dingin.Katup udara di pasangkan pada permukaan samping kanan slinder.Jika putaran fast idle selama pemanasan tak stabil ataupun rendah maka hali ini antara lain penyebabnya yaitu oleh kesalahan pembukaan katup udara.
  • Air flow meter
Air flow meter mendeteksi jumlah udara yng masuk serta mengirimkan sinyal ke computer yng menentukan dasar jumlah injeksi.Air flow meter terdiri atas plat pengukur,pegas kembali ,baut penyekat campuran idle,sensor udaa masuk serta switch pompa bahan bakar.
  • System Kontrol Elektronik (ECU)
Sistem Kontrol elektronik memiliki bermacam-macam sensor yng terdiri atas air flow meter,Sensor air pendingin,sensor psisi katup gas,sensor udara masuk,sensor gas tekan,serta sensor tekanan mesin.Perangkat ini akan menentukan lama kerja injector.Kelengkapan yng lain merupakan main relay yng menyediakan sumber arus listrik ke computer.Circuit opening relay yng mengontrol kerja pompa bahan bakar serta sebuah resistor yng menstabilkan kerja injector.
3. Tentang system control elektronik
Secara garis besar fungsi dari masing-masing komponen system, antara lain:
  • ECU/ECM
Merupakan alat sensor yng mendapatkan serta menghitung seluruh berita/data yng diterima dari masing-masing sinyal sensor yng ada dalam mesin.
  • MAP (Manifold absolute pressure) sensor
Merupakan kmponen sensor yng memberikan sinyal ke ECU berupa berita (deteksi) tekanan udara yng masuk ke intake manifold
  • IAT (Engine air temperature) sensor
Ini adalah sensor yng memberikan sinyal ke ECU berupa berita (deteksi) perihal suhu udara yng masuk ke intake manifold.
  • TP (Throttle Position) sensor
Komponen ini adalah komponen yng memberikan sinyal ke ECU berupa berita (deteksi) perihal posisi katup throttle/katup gas.
  • Engine oil temperature sensor
Komponen sensor ini merupakan komponen yng memberikan sinyal ke ECU berupa berita (deteksi) perihal suhu oli mesin.
  • Bank angle sensor
Komponen ini adalah sensor sudut kemiringan. Pada sepeda motor yng mempergunakan system EFI umumnya dilengkapi yang dengannya bank angle sensor yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengaman era kendaraan terjatuh yang dengannya sudut kemiringan minimal sekitar 550, itulah petunjuk perihal cara kerja mesin motor fuel injection secara lengkap.

Petunjuk Pada Cara Merawat Mesin Motor Fuel Injection Secara Lengkap


Ada beberapa hal yng butuh di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat mesin motor fuel injection secara lengkap, antara lain:
Petunjuk pada cara merawat mesin motor fuel injection
Petunjuk Cara Merawat Mesin Motor Fuel Injection

  • Selang Saluran Bahan Bakar
Injektor mempunyai fungsi yakni menyemprotkan kabut bahan bakar yang dengannya tekanan tinggi ke mesin yng takaran serta saatnya diatur oleh piranti Electronic Control Unit (ECU).
Komponen yang telah di sebutkan selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin , komponen yang telah di sebutkan pun Amat menentukan boros tidaknya komsumsi bahan bakar yng dipakai pada sebuah motor.Namun ketepatan system kerja itu pun bergantung komponen lain, salah satunya selang serta pompa bahan bakar.
Bila Selang kotor maupun bocor maka kinerja injektor tak akan menjadi maksimal.Oleh lantaran itu selang wajib selalu di periksa sesudah motor menempuh jarak 2000 kilometer.
  • Pompa Bahan Bakar.
Jika kamu memiliki motor injeksi baik itu supra x revo ataupun motor lainya yng telah mempergunakan system injeksi serta sudah lebih dari 50.000 kilometer ataupun kelipatanya, maka sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan pada pompa bahan bakar. bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeteksi gejala masalah di komponen yang telah di sebutkan kamu bisaa melakukan yang dengannya cara, yakni menghidupkan mesin motor di tempat yng tak bising , selanjutnya kamu dengarkan bagian tangki apakah ada bunyi mendenging ataupun mendesing. Jika terdengar bunyi mendesing ini berguna Filter Fuel Pump bergantung.
Bila hal yang telah di sebutkan terlaksana,maka kamu mampu membersihkan serta sekalian menguras tangki bahan bakar . Dengan cara yang telah di sebutkan kamu akan memperoleh hasil yng maksimal agar fuelk pum tak terganggu.
  • Pastikan Ketepatan Posisi Klep Injektor.
Meski waktu serta tekanan ke klep di atur oleh komponen yng dinamakan yang dengannya ECU( yng telah di program oleh pabrikan ).Namun ,tidak jarang posisi klep akan mengalami perubahan lantaran aneka macam faktor penyebab.
Oleh lantaran itu ,agar kinerja injektor benar benar maksimal , maka pastikan bahwasanya klep berada di posisi yng tepat , pengertiannya ,tak terlalu renggah serta pun tak terlampau rapat.
Bila Terlalu renggang maka asupun bahan bakar ke komponen yang telah di sebutkan terlebih serta sebaliknya bila terlalu rapat akan menghasilkan semprotan kabut bahan bakar ke ruang bakar pun tak ideal semisal takaran dari pabrik.
So, Hasil proses pembakaran menjadi tak sempurna serta tenaga mesin menjadi loyo ataupun motor menjadi boros bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan bakarnya.
  • Periksa Rutin Busi serta Bersihkan Filter Udara.
Busi adalah sebuah komponen motor yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemantik api yng dibutuhkan era proses pembakaran di ruang bakar.Ketepatan pantikan api yng di hasilkan busi yang dengannya semburan bahan bakar (bensin) yng bercampur udara di ruang bakar Amat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran.
Proses pembakaran yng tak sempurna akan menjadikan proses tak maksimal serta pun menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun loyo,Oleh lantaran itu bersihkan busi selalu agar pantikan api sempurna selain itu atur ulang tingkat kerenggangan sumbu serta katub busi.
Begitu pun yang dengannya filter udara , Bila filter kotor maka kamu mampu segera bersihkan sedangkan bila sel sel kerta sudah Amat kotor ataupun rusak lebih baik kamu segera melakukan pergantian yang dengannya yng baru.
Yang butuh kamu ketahui, filter yng rusak ataupun kotor maka akan menjadikan hembusan udara ke ruang bakar menjadi terhambat.Padahal kesempurnaan proses pembakaran di ruang bakar mesin yang telah di sebutkan Amat ditentukan oleh komposisi yng ideal antara udara serta pun bahan bakar.
  • Rawat ECU Dengan Baik
ECU ataupun singkatan dari Electronic Control Unit merupakan ota yng mengatur keseluruhan unit injektor , baik takaran bahan bakar yng akan di semprotkan maupun bukan tutup klep injektor.Sehingga bila komponen ini terganggu maka akan memicu kinerja injektor tak akan berjalan yang dengannya baik .Satu diantaranya misalnya semisal semburan bahan bakar yng tak sesuai yang dengannya takaran.Dari hal yang telah di sebutkan maka akan berakibat stationer mesin menjadi tak stabil. Bila tingkat kerusakan yng terdapat pada komponen ECU sudah parah, maka kendaraan tak akan mampu dijalankan atau juga Mogok. Untuk Kerusakan yng terlaksana pada ECU sendiri ada beberapa penyebab,diantaranya yakni semisal gangguan kelistrikan lantaran over suppley, voltase sumber kelistrikan rendah,korsleting dan juga lain-lainya.
Oleh lantaran itu Amat di anjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk secara rutin memeriksa kabel pada kelistrikan .Bila kamu melakukan modifikasi yng memerlukan tambahan asupan tenaga listrik sebaiknya kamu pikirkan ulang efeknya ke system kelistrikan,coba kamu tanyakan pada bengkel modifikasi apa yng akan terlaksana bila asupan yang telah di sebutkan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk komponen aksesoris lainya serta pastikan bahwasanya aksesoris tambahan yang telah di sebutkan tak berpengaruh ke system kelistrikan yng akan menganggu ECU. Dan andai ini merupakan tulisan atau artikel yng berguna jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca perihal petunjuk serta cara memperbaiki motor injection yng mogok.
Dari seluruh Petunjuk paling baik pada cara kerja serta cara merawat mesin motor Fuel Injection secara lengkap, saya mengharapkan bahwasanya kamu mengerti saat ini serta otomatis tak akan ragu lagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempunyai ataupun membeli motor fuel injection lantaran Amat tidak sedikit keunggulan serta keuntungan bagi stiap pengendara motor.
Sekian serta mudah-mudahan tulisan atau artikel ini berguna.

Source Article and Picture : http://www.bengkel-motor.com/2016/07/cara-kerja-dan-cara-merawat-mesin-motor-fuel-injection.html

Seputar Petunjuk Terbaik Pada Cara Kerja Dan Cara Merawat Mesin Motor Fuel Injection Secara Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Petunjuk Terbaik Pada Cara Kerja Dan Cara Merawat Mesin Motor Fuel Injection Secara Lengkap