Mengecek Keadaan Mesin Motor Berdasarkan Kondisi Busi

- Kamis, Mei 25, 2017

Mengecek Keadaan Mesin Motor Berdasarkan Kondisi Busi

 
Mengecek Keadaan Mesin Motor Berdasarkan Kondisi BusiTips serta Cara Mengecek Kondisi Mesin Motor Berdasarkan Elektroda serta Kepala Busi ---Busi ataupun spark plug pada sepeda motor, selain berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membakar campuran bahan bakar serta udara yng masuk ke dalam ruang mesin, sampai-sampai menghantarkan panas keluar dari ruang pembakaran, pun berfungsi menjdai indikator kondisi pembakaran pada mesin motor. Dari fungsi indikator ini dia, umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeteksi keadaan ataupun kondisi kebugaran atau kesehatan mesin motor.
Fungsi busi menjdai indikator keadaan pembakaran di ruang bakar mesin ini mampu terlihat pada bagian keramik elektroda serta kepala busi. Keadaan warna, kotoran, kerak yng terdapat pada keramik elektroda serta kepala busi akan mengindikasikan kondisi pengapian serta pembakaran di ruang mesin.
Baca tulisan atau artikel terkait,
Cara Mengecek Kondisi Busi Motor
Dan berikut merupakan beberapa Kondisi Mesin Motor Berdasarkan Keadaan Elektroda serta Kepala Busi yng butuh Anda ketahui.

Cara Mengecek Mesin Motor Berdasarkan Kondisi Busi

Mengecek Keadaan Mesin Motor Berdasarkan Kondisi Busi
Kondisi Pengapian serta pembakaran diruang bakar mesin mampu dikatakan sempurna andaikan keramik elektroda berwarna coklat keabu-abuan. Selain itu, di sekitar kepala serta bibir busi tak ada penumpukan deposit, jelaga ataupun kerak.
Warna tak terlalu hitam serta kering menutupi insulator serta elektroda bisa diartikan menjdai campuran udara di karburator terlalu tidak sedikit. Dapat juga digambarkan menjdai waktu pengapian yng terlambat ataupun salah dalam pemilihan tipe busi. Busi dingin cepat melepaskan panas, sedang jenis panas mengumpulkan serta menahan panas agar suhu pencetus api ini stabil.
Warna ini menonjol di bagian insulator ataupun terlaksana penumpukkan arang berwarna kecoklatan agak mengilap. Kondisi ini penyebabnya yaitu mesin Suka menanggung beban berat ataupun Suka melakukan akselerasi serta langsung menurunkan gas secara spontan. Namun penyebab utamanya lantaran Suka memakai bahan bakar beroktan tinggi.
Ini menandakan pencetus api kerap mendapatkan panas terlebih, menjadikan elektroda menjadi terbakar. Kondisi busi semisal ini biasa ditemui pada motor yng dipakai di kota besar yng lalu lintasnya Suka macet. Atau pada motor yng Suka digeber mesinnya. Bisa jadi, gejala ini terlaksana lantaran waktu pengapian terlalu maju serta pemilihan tipe busi yng cenderung panas. Bisa pun terlaksana lantaran adanya detonasi lantaran oktan bahan bakarnya terlalu rendah serta terlaksana penumpukkan kerak.
Kondisi ini diakibatkan setting pengapian yng tak tepat. Bisa pun lantaran oktan terlalu tinggi serta motor dipacu yang dengannya kecepatan tinggi, menjadikan suhu di ruang bakar jadi overheating. Elektroda pun menjadi patah serta meleleh.
Pada motor 2-tak, kondisi semisal ini terlaksana lantaran campuran oli mesin terlalu kaya ataupun seal oli bocor. Sedang pada motor 4-tak, penyebabnya seal katup ataupun katup mengalami kebocoran menjadikan oli mesin ikut masuk era proses pembakaran. Kondisi ini pun bisa terlaksana lantaran liner silinder tergores, ataupun ring piston yng telah aus ataupun patah.
Itulah tidak banyak Tips otomotif ihwal Tips serta Cara Mengecek Kondisi Mesin Motor Berdasarkan Keadaan Elektroda serta Kepala Busi pada peluang di artikel ini. Semoga berguna serta Salam OtoZones!

Baca Tips serta Info Otomotif Lainnya:



Source Article and Picture : http://otozones.blogspot.com/2015/03/mengecek-keadaan-mesin-motor-berdasarkan-kondisi-busi.html

Seputar Mengecek Keadaan Mesin Motor Berdasarkan Kondisi Busi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengecek Keadaan Mesin Motor Berdasarkan Kondisi Busi